RSS

Selasa, 19 Mei 2015

Susu : Lebih dari Sekedar Tulang

Tujuan dari dicanangkannya Susu Nusantara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya minum susu dan meningkatkan konsumsi susu di Indonesia. Wah, sebenarnya apa saja manfaat susu sampai pemerintah begitu aktif mendorong konsumsi susu?

Susu untuk tulang dan gigi
Manfaat susu yang paling banyak dikenal adalah untuk kesehatan tulang dan gigi. Mengapa susu baik untuk kesehatan tulang dan gigi? Ternyata, susu banyak mengandung mineral kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Tanpa asupan kalsium yang mencukupi, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. Akibatnya, tulang menjadi keropos dan mudah patah. Selain kalsium, susu juga mengandung fosfor dan magnesium yang tidak kalah penting untuk kesehatan tulang dan gigi.
Susu dan tekanan darah
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi susu rendah lemak ternyata memiliki risiko terkena penyakit darah tinggi atau hipertensi yang lebih rendah. Manfaat susu untuk menjaga tekanan darah ini juga dibuktikan oleh penelitian lain yang menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayur yang dikombinasi dengan susu rendah lemak ternyata lebih efektif dalam menurunkan tekanan darah, apabila dibandingkan dengan konsumsi buah dan sayur saja. Walaupun mekanismenya masih belum jelas, manfaat susu untuk menjaga tekanan darah ini diyakini berkaitan dengan kandungan kalsium, magnesium, dan protein pada susu.
Susu untuk fungsi otak
Ternyata, rutin mengonsumsi susu berkaitan dengan fungsi otak yang lebih baik. Mereka yang rutin mengonsumsi susu, minimal 1 gelas per hari, diketahui memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes fungsi memori dan kognitif. Jarang mengonsumsi susu? Tak ada kata terlambat untuk memulai. Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi susu hingga 4 kali per hari selama 12 bulan, mereka yang jarang mengonsumsi susu pun mengalami peningkatan fungsi memori. Manfaat susu ini diduga berkaitan dengan kandungan asam amino tryptophan, vitamin B12, kalsium, dan bioactive peptides pada susu.
Susu dan fungsi fisik
Rutin mengonsumsi susu sejak kecil ternyata bermanfaat hingga usia lanjut dalam hal mempertahankan kemampuan fisik. Setiap peningkatan konsumsi 1 gelas susu saat anak-anak terbukti berkaitan dengan peningkatan kemampuan dan kecepatan berjalan serta kemampuan untuk menjaga keseimbangan di usia lanjut. Kedua hal ini penting agar dapat tetap hidup aktif dan mencegah jatuh di usia lanjut.
Tak hanya fungsi-fungsi di atas, susu juga mengandung nutrisi lengkap yang penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan setiap harinya.
  • Protein untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh
  • Vitamin A untuk menjaga kesehatan mata
  • Vitamin B yang penting dalam menghasilkan energy untuk beraktivitas
Sebagai pilihan yang lebih sehat, susu rendah lemak dengan kandungan kalori yang lebih rendah namun tetap kaya nutrisi sangatlah tepat. Dan agar manfaat susu dapat lebih optimal, kombinasikan dengan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga serta mengonsumsi buah dan sayur.

0 komentar:

Posting Komentar